Senin, 26 Agustus 2013

15 TIPS DAN TRIK FACEBOOK

Facebook memiliki segudang fitur, opsi, maupun fasilitas yang mungkin tak banyak digunakan pengguna. Dan berikut 15 FB tips serta trik yang tak ada salahnya untuk dicoba facebooker yang dinukil dari SocialBakers.

1. Foto high quality
Mengunggah foto di Facebook itu biasa. Mungkin menjadi aktivitas wajib bagi facebooker sejati. Namun banyak yang tak mengetahui jika foto di Facebook bisa diunggah dengan kualitas tinggi (high quality). Untuk menemukan fiturnya, sebelum mengunggah foto sila centang opsi ‘High Quality’.

2. List
Teman yang membludak di Facebook membuat wall berisi postingan yang mungkin tidak ingin dibaca. Jika ingin stay close dengan teman dekat, sila buat list. Daftar ini hampir serupa dengan list yang ada di Twitter. Fiturnya bisa dijumpai di sidebar sebelah kiri laman wall Facebook.

3. ‘Menghilang’ di sebagian teman chat
Facebook chat memang tak memiliki vitur invisible laiknya Yahoo! Messenger. Namun pengguna tetap bisa menghilang di beberapa teman yang dipilih. Tujuannya jelas agar mereka yang terpilih tak mengetahui keberadaan Anda di FB chat. Opsinya bisa ditemukan di pengaturan saat aktivitas chat.

4. Status terbatas
Serupa dengan poin sebelumnya, status yang dibagikan sejatinya bisa dibatasi untuk kalangan terbatas. Misalkan hanya untuk teman, setiap pengguna, atau mereka yang terpilih. Sebelum meng-update status, sila klik logo ‘Friends’ yang letaknya di sebelah kiri bawah kotak update status.

5. Mention ala Twitter
Facebook juga memiliki fitur mention ala Twitter. Pengguna bisa menyebut pengguna maupun laman. Caranya sangat mudah. Saat menulis status sila tag pengguna atau laman yang diinginkan dengan meambahkan tanda ‘@’ yang diikuti nama pengguna.

6. Teruskan pesan
Jika menerima pertanyaan di inbox Facebook yang berisi pertanyan yang sama namun oleh pengguna yang berbeda, sila forward saja pesan terdahulu. Fiturnya bisa ditemukan di opsi ‘Actions’ tatkala membuat pesan baru.

7. Hapus pesan
Pesan yang masuk di inbox Facebook bisa dihapus. Banyak pengguna yang kesulitan menemukan fitur ini. Yang ada mereka hanya menjumpai opsi arsipkan pesan. Sila centang nama pengguna yang dipilih untuk dihapus conversations-nya dan kemudian klik ‘Áction’ dan pilih ‘Delete’,

8. Pratampil profil
Setelah mengatur privasi akun, tak ada salahnya untuk melihat preview profil yang telah disimpan. Pratampil ini fungsinya untuk melihat profil Facebook timeline sebagai pengguna lain. Bisa teman, orang lain, atau pengguna yang belum mendaftar Facebook. Opsinya bisa ditemukan di sebelah tombol ‘Activity Log’.

9. Melihat foto instan
Pengguna bisa menginstal ekstensi atau add ons Photo Zoom for Facebook (Chrome) dan Facebook Photo Zoom (Firefox). Dengan dua tool tersebut tak perlu menklik foto untuk melihat foto dengan ukuran lebih besar atau masuk ke Facebook theater. Cukup gulirkan mouse ke foto yang diinginkan.

10. Kontrol post dan tag foto
Kesal dengan tag foto iklan atau teman yang tanpa izin, atau pengguna lain yang gemar menulis status di profil seenaknya, sila kendalikan di setting privasi. Pengguna bisa mengatur segala pengaturan terkait dengan timeline serta tagging.

11. Unduh data Facebook
Data yang ada di Facebook bisa diunduh pengguna. Segala hal yang dibagikan seperti status, lokasi, tautan, foto video, catatan, dan lainnya bisa di-download. Temukan fiturnya di ‘Account Setting’ dan klik ‘Download a copy of your Facebook data’.

12. ‘Kejutkan’ teman
Tak ada salahnya menjaili teman Facebook. Namun jangan keterlaluan. Silahkan kagetkan teman Anda dengan tautan berikut. Tautan ini adalah link profil Facebook setiap pengguna namun dengan tidak menggunakan alamat URL pilihan.

13. Bahasa
Bosan dengan bahasa yang ada di Facebook? Sila atur ulang setting-nya. Anda bisa menemukan Bahasa Jawa sekalipun. Masuk ke pengaturan dan sila pilih bahasa. Penggemar film Pirates of the Caribbean? Tersedia Bahasa Inggris (Pirate) yang membuat Facebook Anda berasa di dunia bajak laut.

14. Kartu nama
Facebook juga bisa dijadikan sebuah kartu nama. Pengguna bisa mencetaknya dengan memanfaatkan layanan dari Moo. Namun sayangnya fitur ini tak gratis atau ada harga yang harus dibayar. Opsinya bisa ditemukan di tab ‘Info’.

15. Hapus akun

Sudah jenuh dan lelah dengan Facebook, maka tak ada salahnya untuk menghapus akun yang dimiliki. Menghapus tidak sama dengan deactivation. Setelah dihapus, data Anda di Facebook akan hilang secara permanen. Pengguna bisa menemukan fiturnya di opsi pengaturan akun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar